The Bootstrap Blog

The example template of creating a blog blogger with Bootstrap. Designed by CB Blogger

September 19, 2016

Mengenal Bootstrap untuk Desain Template Blogger

Posted by on September 19, 2016
Mengenal Bootstrap untuk Desain Template Blogger
Mengenal Bootstrap untuk Desain Template Blogger. From Wikipedia Indonesia.

BOOTSTRAP adalah Aplikasi sumber terbuka yang berupa framework atau kerangka kerja untuk membangun website dinamis dengan menggunakan bahasa script CSS.

BOOTSTRAP memudahkan developer dan designer untuk membuat sebuah aplikasi web menjadi cepat dan mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal.

Kerangka Kerja Aplikasi
Kerangka Kerja (Framework) secara sederhana diartikan sebagai kumpulan dari fungsi-fungsi/prosedur-prosedur dan class-class untuk tujuan tertentu yang sudah siap digunakan sehingga bisa lebih mempermudah dan mempercepat pekerjaan seorang programer, tanpa harus membuat fungsi atau class dari awal.

Fitur Umum Framework:
  • Mempercepat dan mempermudah pembangunan sebuah aplikasi web.
  • Relatif memudahkan dalam proses maintenance karena sudah ada pola tertentu dalam sebuah framework (dengan syarat programmer mengikuti pola standar yang ada)
  • Umumnya framework menyediakan fasilitas-fasilitas yang umum dipakai sehingga kita tidak perlu membangun dari awal.
  • Lebih bebas dalam pengembangan jika dibandingkan CMS

BootstrapBootstrap dirilis oleh Twitter. Raksasa mikroblogging tersebut melalui blognya mengumumkan kehadiran platform baru yang menyediakan seperangkat alat menggunakan CSS dan konvensi HTML untuk menciptakan aplikasi.

Platform ini awalnya dikembangkan pada ajang Hackweek, sebuah perhelatan developer yang diadakan Twitter. Standarisasi platform tersebut sudah disempurnakan sejak saat itu. Kini, disebutkan Twitter kini mereka memiliki kerangka kerja yang konsisten untuk mengembangkan aplikasi.

Bootstrap digambarkan sebagai CSS sederhana namun dibangun dengan pre-processor yang menyediakan lebih banyak daya dan fleksibilitas ketimbang CSS standar. Di blog tersebut disebutkan dua keuntungan dari platform ini.

"Bootstrap sangat mudah diimplementasikan. Hanya menaruhnya di kode yang telah Anda buat. Setelah selesai, Bootstrap hanya akan berisi CSS. Artinya tidak akan ada gambar yang berlebihan, Flash atau Javascript. Yang ada hanyalah CSS yang sederhana namun powerful untuk kebutuhan pengembangan web Anda," jelas Twitter.

Ini adalah bagian dari upaya pembaruan yang dilakukan Twitter agar lebih memfasilitasi para developer, terutama menyediakan standar bagi para pembuat aplikasi.*

logoblog

No comments:

Post a Comment